Friday 31 July 2015

Rencana Keuangan dimulai Sedini Mungkin

Rencana Keuangan dimulai Sedini Mungkin


Tanpa rencana yang baik tentu tujuan susah untuk terwujud dengan hasil yang baik pula. Demikian juga dengan keuangan, untuk merencanakan keuangan sangat diperlukan agar tujuan yang diharapkan bisa terpenuhi. Misalnya setiap bulan kita mempunyai pendapatan dari bekerja tetapi dikurangi pengeluaran-pengeluaran tiap bulan nya habis, atau sisa pun tidak seberapa.

Perlu dipikirkan lagi apakah pengeluaran-pengeluaran itu benar-benar penting kebutuhan yang perlu, atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan yang sifat nya tidak harus.

Jika kita telah merencanakan Keuangan dari awal, misal kita akan lebih mengontrol pengeluaran. Pengeluaran-pengeluaran yang dirasa kurang penting bisa dipangkas. Misal nya membeli sesuatu yang lebih sederhana dengan fungsi yang sama. Makan cukup dirumah dengan menu yang sehat itu lebih baik. Tidak membeli barang hanya karna merk, tapi sesuaikan fungsi dan kebutuhan.

Merencanakan keuangan sama halnya kita memulai menyiapkan hari esok yang kita butuhkan. Misalnya:

  1. Merencanakan jaminan kesehatan. Ini penting dilakukan. Karna kesehatan itu juga termasuk hal yang penting. Contoh nya kita ikut asuransi kesehatan. Suatu saat kita sakit dan memerlukan dana yang banyak sudah akan ditanggung oleh asuransi. Jadi kita tidak perlu menguras tabungan kita untuk biaya berobat.
  2. Merencanakan biaya sekolah anak. Karena biaya sekolah mengalami peningkatan yang banyak. Misal nya 20% pertahun, tentu biaya sekolah anak nanti dari tahun ke tahun akan sangat mahal. Jika kita merasa biaya dari SD-SMA dirasa masih bisa terpenuhi, tapi bagaimana dengan biaya kuliah nya? Masalah pendidikan anak contoh nya kita bisa memulai untuk ikut program reksadana, dimana bisa dilakukan pembayaran per bulan dimulai nominal Rp 100.000an. Kalau menabung nya puluhan tahun bisa saja kebutuhan biaya kuliah anak bisa terpenuhi nantinya.
  3. Merencanakan biaya pensiun. Saat kita pensiun, tidak ada pendapatan lagi. Tapi biaya makan dan lain-lain masih terus jalan. Biaya kita pensiun semakin kita masih muda, semakin baik untuk memulai. Misalnya umur 25 tahun kita memulai menabung dana pensiun, maka nanti semakin ringan pula kita menyiapkan untuk kebutuhan kita nanti.

Sebenarnya masih ada yang lain-lainlain yang kita perlu siapkan. Sesuai rencana masing-masing. Ada yang rencana beli rumah, beli kendaraan mobil, beli properti ruko, dan banyak lagi. Yang pasti kalau punya rencana itu sebenernya lebih menyenangkan. Karna ada harapan. Jadi mulai rencanakan sedini mungkin.


Baca juga:

No comments:

Post a Comment