Monday 27 July 2015

6 Cara Memperoleh Modal Usaha

6 Cara Memperoleh Modal Usaha





Setiap usaha memang membutuhan modal. Suatu usaha dapat berdiri tentu ada hal-hal penting yang harus disiapkan. Modal itu baik fisik maupun non fisik. Banyak sekali modal yang sebenernya sudah tersedia yang hanya menunggu untuk dimanfaatkan.

Sebenarnya setiap orang mampu untuk melakukan usaha. Hanya niat dan tekat nya yang berbeda-beda. Ada seseorang yang cuma punya niat tanpa dilakukan, ada yang punya niat serta tekat. Kalau kita sudah yakin sama diri kita sendiri kita bisa, selalu pikirkan cara-cara yang mungkin untuk mewujudkannya. Lakukan tindakan. Lalu mulai lah usaha dengan modal yang ada. Modal adalah uang, tenaga, semangat, dan keinginan untuk selalu berhasil.

Berikut 6 cara memperoleh modal usaha:

  1. Modal sendiri. Modal ini adalah modal atau sejumlah uang yang kita miliki sendiri. Contoh nya berupa: tabungan uang kita, menjual barang/aset kita yang dapat menghasilkan uang( contohnya kendaraan, kamera, atau kalau punya simpanan berupa emas).
  2. Modal pinjaman. Modal ini kita peroleh dari pinjaman. Pinjaman bisa didapat dari: pinjaman ke keluarga sendiri(ini pinjaman yang terbaik dimana kita mau kasih bunga pun ngga ke orang lain melainkan kasih keuntungan buat keluarga sendiri, cara nya juga cuma kesepakatan dua belah pihak), pinjaman ke bank, pinjaman ke koperasi.
  3. Kerja sama. Kerja sama apabila kita memiliki suatu keahlian di suatu bidang, lalu ada seseorang yang punya modal ingin kita yang mengurusnya dengan keahlian yang kita punya. Usaha bisa tetap berjalan dengan modal kerja sama ini. Untuk ini maka kita harus bisa dipercaya. Keuangan harus kita kelola dengan baik dan buat laporan keuangan dengan jujur.
  4. Keinginan/semangat untuk melakukan usaha. Ini juga termasuk modal kita yang  setiap orang berbeda-beda. Semangat kita seperti apa kita sendiri yang tau. Dengan selalu semangat usaha yang dilakukan akan lebih produktif lagi karna anda selalu punya energi untuk membangun usaha.
  5. Mencari cara-cara /trik-trik untuk mensukseskan usaha. Ini modal dari dalam diri kita. Saat usaha dimulai Mulailah mencari cara agar usaha kita tetap menjadi lebih baik. Pikirkan dan temukan cara kita sendiri. Yakin kita punya cara-cara unik yang telah kita kuasai untuk memajukan usaha daripada cuma sekedar ikut-ikutan. Hargailah pemikiran kita sendiri.
  6. Orientasikan/bertujuanlah untuk sukseskan usaha. Kekuatan untuk berhasil akan menjadikan kita lebih sukses. Dengan seperti ini semua yang kamu lakukan adalah untuk mensukseskan usaha. Bukan untuk pamer atau sekedar punya usaha. Manfaat kan waktu sebaik mungkin untuk fokus pada usaha yang kita lakukan.

Demikian 6 cara memperoleh modal usaha. Hargailah setiap modal. Lakukan usaha dengan cara jujur dan baik. Imbangilah usaha dengan sikap-sikap jujur, sederhana dan bersahabat. Mudah-mudahan anda disenangi banyak orang dan usaha anda sukses.

Baca juga:

No comments:

Post a Comment