Wednesday 22 July 2015

6 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan

6 Cara Hemat Pengeluaran Bulanan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menginginkan untuk bisa hidup hemat. Tapi banyak kendala yang akan membuat pengeluaran kita membesar, bahkan pemasukan dalam satu bulan serasa kurang.

Hal ini belum terpikirkan oleh saya ketika masih SMA. Tapi semenjak mulai kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta, dengan biaya yg cukup besar, pengeluaran biaya makan, tempat tinggal, biaya kuliah, ditambah lagi keadaan ekonomi orang tua yang pas-pasan. Belum lagi biaya buat hang out bareng temen2, buat beli barang2 yang lucu2, mengunjungi tempat2 indah yg blum pernah dikunjungi, bermain2 bareng, itu semua jadi pengalaman indah saat merasakan saat-saat kuliah..

Tapi dulu dalam hati saya mencari pengalaman. Saya masih termasuk menjaga pola hemat yang saya punya. Sampai ahirnya saya sekarang bekerja dan tau apa itu hemat yang lebih baik lagi..
6 cara hemat pengeluaran bulanan menurut saya :

  1. Belajar membeli hanya barang-barang yang kita butuhkan. Biasa nya kita membeli barang karna merk bagus, indah dilihat, dan lagi marak2 nya saat itu.. Pikirkan lagi, harus nya kita membeli barang2 yang kita butuhkan saja.
  2. menghargai uang receh. Biasakan kita mengumpulkan uang receh dengan baik. Ini akan berguna saat uang terkumpul puluhan bahkan ratusan ribu.
  3. Tentukan tujuan. Saat kita ada tujuan maka kita akan lebih fokus. Untuk berhemat tentukan tujuan untuk menabung, lalu investasi. Ini akan membantu keuangan kita dimasa yang akan datang.
  4. Punya tabungan. Dengan kita punya tabungan di bank kita aka lebih giat untuk menambahkan jumlah saldo tabungan kita.
  5. Selalu sisihkan pendapatan kita sekitar 20% untuk di masukkan di tabungan.
  6. Sayangi tabungan anda. Percayalah ketika anda punya tabungan, anda telah ada kebiasaan menabung, lalu anda melihat nominal tabungan anda yang sedikit demi sedikit mulai membesar akan ada rasa bahagia di banding beli sesuatu barang cantik yang beberapa bulan kemudian udah tidak berharga lagi dan kita buang. :-)
Biasakan hemat, itu akan membantu kita. Kita ngga akan tahu apa yang terjadi di hari2 depan. Biar kita bisa jadi lebih mandiri, atau bahkan membantu orang orang yang kita sayang..:-)

Demikian tadi 6 cara hidup hemat pengeluaran bulanan. Selamat menjalankan hidup hemat..

1 comment:

  1. INI ADALAH TAHUN BARU LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete