Saturday 25 July 2015

Cara Mengoptimalkan Keuangan Kita dengan investasi

Cara Mengoptimalkan Keuangan kita dengan Investasi

Baru terpikir investasi setelah umur 27an nih. Coba kepikiran dari dulu mungkin sekarang saya udah punya beberapa investasi yah. He..

Jadi cerita nya setelah buka-buka di internet kalau mempunyai sejumlah uang diapakan biar tepat? Nemu deh beberapa investasi dan manfaat-manfaat nya.

Langsung keinget jaman dulu kalau punya tabungan cita-citanya cuma: beli  beli HP baru, beli tas baru, beli sepatu baru. Serasa kalau ada uang di dompet ngga pernah nyisa. Trus udah mulai bekerja, rasa nya semakin umur bertambah semakin serasa tertekan akan kebutuhan, udah ngga pengen lagi cuma repotin ortu, kebutuhan setelah nikah juga pasti lebih besar.

Awalnya saya menabung, ternyata bunga tidak besar sekitar 3% setahun sedangkan inflasi tiap tahun bisa mencapai 8%.. Waduh lama2 uang kita habis nilai nya tergerus inflasi kalau cuma menabung di bank. Lalu ada keinginan untuk berinvestasi. Tujuan nya seenggak nya uang kita aman dari tajam nya inflasi tiap tahunnya.

Jadi saya lebih memilih investasi kecil-kecil nih karna uang nya juga terbatas.. He.. Menurut saya sih investasi yang cukup bagus itu sebagai berikut:

  1. Emas. Emas karna tahan inflasi, nilai nya akan tetap berharga walaupun puluhan tahun kedepan. Penjualan kembali pun cukup gampang. Kalau saya sih karna uang terbatas pertama membeli sekitar tiga gram berbentuk gantungan kalung aja. :-)
  2. Deposito. Deposito di bank memberikan bunga lebih tinggi di banding hanya menabung. Deposito memberikan bunga tetap per tahun sekitar 6-7%.
  3. Reksadana. Produk reksada bisa kita beli di sekuritas-sekuritas atau bank2 yang menjual produk reksadana. Kalau saya udah punya rekening tabungan di mandiri, saya juga pngen beli produk reksadana di bank mandiri. Beli skala kecil2an dulu, dengan setoran 100ribu perbulan juga bisa. Yang penting punya reksadana.:-)
  4. Tanah. Ini ni properti yang harga nya akan selangit ketika beberapa puluh tahun kedepan. Tanah di buat pertanian juga akan menjadi penghasilan. Dengan membeli tanah anda tak akan kecewa jika kita investasi dalam jangka panjang.
  5. Bisnis. Membuka bisnis juga investasi. Namun kita harus pantang menyerah untuk terus memajukan bisnis. 

Investasi akan mengamankan anda di masa depan. Kalau sekarang lagi punya sumber uang dari pekerjaan, sisihkan untuk membeli sedikit demi sedikit agar kita merasa aman keuangan. Belilah yang diperlukan, bukan cuma sekedar kepengen. Pikirkan masa depan juga.

No comments:

Post a Comment