Thursday 23 July 2015

6 Contoh Peluang Usaha di Desa

6 Contoh Peluang Usaha Di Desa

       Peluang usaha jika di kota-kota besar lebih banyak jenis nya. Dan karna di kota ramai maka bisnis yang di jalan kan sering kali laris manis. Beda lagi di desa kita harus lebih cerdik lagi memilih usaha agar usaha kita laku di desa.

       Saya sendiri adalah bisa disebut seorang perantau, karna sudah hampir tiga tahun bekerja jauh dari rumah untuk mendapatkan pekerjaan. Di desa saya mayoritas penduduk adalah bertani. Meskipun bertanam padi kadang juga tidak menjamin keuntungan besar, bahkan kalau terserang hama antara jumlah modal yang dikeluarkan untuk membeli bibit, pupuk, pestisida,dan upah kerja tak sebanding dengan hasil atau bahkan ada yang rugi.

       Setelah saya berfikir disini di desa pun juga ada peluang-peluang usaha yang bisa dijalankan untuk menambahkan penghasilan. Sehingga apabila bertani tidak memberikan hasil yang memuaskanpun tetap dapat keuntungan yang lain nya.

       Di bawah ini contoh peluang usaha yang dapat di kembangkan di desa:

  1. Membuka toko alat-alat pertanian dan ternak lengkap. Ini dikarenakan masih banyak nya pertanian di desa, dan biasa nya penduduk masih sering kesusahan mencari di pasar2 yang lumayan jauh dari rumah.
  2. Menjadi agen pupuk. Ini anda harus mempunyai relasi dengan penyalur pupuk. Hasil yang diterima cukup bagus.
  3. Usaha makanan. Ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga jika memilki waktu luang. Makanan bisa berupa makanan-makanan ringan seperti keripik singkong, keripik tempe, es berbagai rasa yang dapat disalurkan di warung-warung, pembuatan bolu bronis jika ada yang pesan, pembuatan kelanting, peyek, atau jika punya bakat membuat makanan ringan lainya. Ini juga bisa jadi penghasilan yang lumayan dari pada tidak memulai usaha. Atau bisa juga membuka warung makanan seperti soto, bakso, atau pecel.
  4. Memelihara hewan ternak. Disela-sela bertani bisa digunakan untuk memelihara hewan ternak. Kompos yang dihasilkan pun baik untuk pertanian. Seperti sapi, ayam kampung, atau memelihara ikan lele. Jika dilakukan dengan tekun memelihara ayam kampung pun bisa jadi penghasilan yang cukup bagus. Pilih salah satu ternak dan kembangkan. Dengan memelihara dalam jumlah yang lebih besar keuntungan tentu nya besar pula.
  5. Penjualan pulsa elektrik. Jika disekitar belum terdapat banyak counter penjualan pulsa dan asesoris HP, usaha ini bisa di coba. Mengingat zaman sekarang setiap orang telah mempunyai HP sendiri-sendiri.
  6. Foto kopy. Jika anda mau foto kopy saja harus pergi ke tempat yang jauh, berarti di sekitar anda tidak ada saingan foto kopy. Usaha ini boleh dicoba jika rumah anda si sekitar sekolah SD atau SMP.

        Demikian tadi 6 contoh peluang usaha di desa. Setiap usaha butuh ketekunan dan kerja keras. Akan lebih baik jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan kecintaan terhadap usaha-usaha tersebut sehinga kita akan menikmati setiap proses usaha.

       Selain kerja keras dan ketekunan sebaiknya juga bersifat sederhana. Hasil yang didapatkan digunakan seperlunya dan selebihnya di gunakan untuk mengembangkan usaha. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment