Sunday 26 July 2015

Apa Itu Investasi?

Apa Itu Investasi?


Pengertian Investasi
Investasi menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Investasi menurut Kamaruddin Ahmad yaitu menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.

Investasi menurut Sharpe yaitu mengorbankan asset guna mendapatkan asset yang lebih besar dimasa yang akan datang.

Bahasa mudah nya kalau kita sekarang mengeluarkan uang lalu kita membelikan asset, nanti nya asset itu akan mendatangkan keuntungan buat kita di masa depan kita, maka itu adalah suatu investasi.

Contoh kecilnya kita menabung uang dirumah sebesar Rp 2.700.000. Mau kita simpan setahun, dua tahun, lima tahun pun jumlah uang tetap sama yaitu Rp 2.700.000.
Tapi kalau uang tersebut kita belikan 5 gram emas  seharga Rp 2.700.000 lalu lima tahun kedepan kita dapat jual dengan harga lebih tinggi yaitu Rp 4.000.000.

Beda hal nya dengan membeli mobil. Mobil merupakan kendaraan yang semakin lama nilai nya akan semakin menurun. Kita membeli mobil seharga 100juta di tahun 2015, lalu lima tahun kedepan kita menjual nya hanya sebesar 60juta. Mobil mengalami penurunan nilai.


Jenis-jenis Investasi
Jenis-jenis investasi dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Investasi pada financial assets. Dilakukan di pasar uang berupa: sertifikat deposito, commercial paper, surat berharga pasar uang, dll. Dilakukan di pasar modal berupa: saham, obligasi, waran, opsi, dll.
  2. Investasi pada real assets. Contoh nya yaitu: tanah, emas, ruko, rumah kontrakan, kos-kosan, pendirian pabrik, pembukaan tambang, pembukaan perkebunan, usaha bisnis, dll.

Investasi akan mampu melindungi dari nilai inflasi. Karena investasi-Investasi yang kita beli akan mengalami peningkatan nilai dari waktu ke waktu walaupun kita membiarkannya dan tidak menyentuh nya sama sekali. Jika kita telah bekerja, lalu kita menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk investasi, sedikit demi sedikit investasi kita bertambah. Semakin lama semakin banyak, maka dengan sendirinya investasi itu akan mendatangkan passive income. 

Passive income yaitu Penghasilan yang kita peroleh tanpa kita bekerja.

Inflasi yaitu penurunan nilai mata uang dari waktu ke waktu. Contoh tahun 2000 kita bisa membeli 10 gram emas dengan uang sebesar Rp 1.000.000. Namun pada tahun 2015 dengan menggunakan uang yang sama hanya akan mendapatkan 2 gram emas saja.

Dengan investasi akan memudahkan ekonomi kita dimasa yang akan datang. Jadi biasakan menabung untuk investasi, demi masa depan yang lebih baik.

Baca juga:

No comments:

Post a Comment