Wednesday 22 July 2015

5 Contoh Investasi Menguntungkan

5 Contoh Investasi  Menguntungkan
   
Kebanyakan dari kita mungkin belum memikirkan perencanaan keuangan saat kita masih muda. Saya sendiri ketika duduk di SD-SMP-SMA hanya sering menggunakan uang jatah bulanan dari orang tua,  yang penting kebutuhan sekolah terpenuhi dan sisa nya untuk bersenang2 beli baju, makan, dan main bareng temen2. Begitu kuliah uang jajan saya pas-pasan karna keadaan orang tua juga yang pas-pasan. Tapi dengan gitu saya lebih menghargai uang karna saya sering kekurangan dan sering telat bayar uang kuliah.:-) Dari situ saya malah berfikir buat menabung, karna saya tahu rasa nya gimana susah nya ketika tidak ada uang padahal kebutuhan seperti bayar kuliah, bayar kos, makan, yang tidak bisa ditunda. Jadi waktu kuliah lah awal-awal saya menabung.
     
Baru ketika saya bekerja saya berfikir untuk segera menginvestasikan tabungan saya. Instrumen investasi yang saya lirik yaitu:

  1. Logam mulia/emas. Emas akan tahan terhadap inflasi, mudah dijual kembali, dan profit nya tinggi ketika jangka panjang.
  2. Deposito. Deposito pilihan aman untuk menabung berjangka waktu dengan bunga majemuk nya sekitar 6-7% pertahun.
  3. reksadana saham. Menurut saya reksadana pilihan yang baik untuk jangka waktu 5-15 tahun adalah reksadana saham karna akan menghasilkan profit sekitar 20% atau lebih pertahun nya.
  4. Tanah. Tanah adalah properti dengan harga yang terus naik. Tanah itu sendiri dibiarkan saja pun kita sudah akan mendapatkan kenaikan harga yang tinggi dalam jangka panjang. Lebih baik lagi tanah yang kita beli di bangun berupa kontrakan, kos-kosan, atau tuko yang akan menghasilkan passive income buat kita.
  5. Pendidikan. Menginvestasikan dana dan waktu tidak ada salah nya. Karna dengan pendidikan Akan mampu memberikan kita peluang pekerjaan yang lebih besar lagi.
Di atas adalah investasi-investasi yang saya lirik. Karna keuntungan yang dihasilkan cukup memuaskan dan cukup aman jika di realisasikan.

Investasi akan lebih baik jika ada diverifikasi investasi. Misalnya kita ingin berinvestasi dengan uang 100 juta. Kita bisa memilih menginvestasikannya dengan 50 juta di tanah, 20 juta di reksadana saham, 20 juta di emas, dan 10 juta di deposito. Semakin dini kita berinvestasi maka semakin besar waktu kita untuk membiarkan investasi-investasi kita tumbuh. 

Demikian pengetahuan saya tentang investasi. Semoga bermanfaat. :-)

No comments:

Post a Comment